Sabtu, 18 Juli 2009

11 Cara Menjadi Pelajar Luar Biasa.

Sebagai seorang pelajar, kegiatan belajar sudah pasti dilakukan setiap hari dan kegiatan tersebut seringkali membuat para siswa merasa jenuh. Jika seorang pelajar sudah merasa bosan, maka kegiatan belajarnya menjadi tidak efektif sehingga dia akan merasa kesulitan dalam memahami pelajaran. Saya yang juga masih seorang pelajar juga sering mengalami hal tersebut dan ini sangat merugikan saya. Namun, saya harus tetap belajar untuk meraih cita-cita yang saya impikan. Untuk membuat belajar jadi tidak membosankan dan efektif saya punya beberapa cara, antara lain:

1. Niatkan diri anda untuk berubah dari yang biasa-biasa menjadi luar biasa. Perlu juga menyuntik otak anda dengan hal-hal yang baik. Buang jauh-jauh pikiran anda tentang “mengecap suatu pelajaran buruk”, karena hal itu akan menyulitkan

2. Konsentrasi dan fokus pada materi yang sedang dipelajari. Jangan belajar sambil menonton sinetron, menurut saya belajar akan lebih fokus jika dibarengi dengan mendengarkan radio atau mp3 daripada sambil watching TV.

3. Buat ringkasan-ringkasan dengan gaya bahasa anda sendiri agar anda lebih mudah untuk memahami pelajaran. Meringkas isi materi akan lebih efektif dibandingkan dengan anda harus membaca seluruh isi buku yang nantinya akan membuat anda merasa bosan.

4. Jika anda malas untuk meringkas, tandai saja bagian-bagian yang penting pada buku anda dengan menggunakan stabillo berwarna-warni.

5. Mulailah meng-kapling otak anda.

6. Baca materi pelajaran minimal 3 kali atau sampai anda merasa muak mengulangnya (kalau anda sudah merasa bosan, artinya anda sudah mulai menghafal materi yang sedang anda pelajari)

7. Untuk soal-soal yang memerlukan hitungan seperti matematika, fisika, kimia, anda harus memperbanyak latihan dengan model soal yang berbeda-beda.
8. Hafalkan rumus-rumus dasarnya, karena rumus lanjutannya hanya mengutak-atik rumus dasar yang sudah ada.

9. Buat kelompok belajar maksimal 4 orang, lebih dari itu biasanya tidak efektif (terlalu banyak ngobrol, nantinya ga akan belajar-belajar). Pilihlah orang-orang yang mempunyai tipikal berbeda, misalnya: Yang 1 jago fisika, yang 2 jago biologi, yang 3 jago matem and yang 4 jago kimia.

10. Biasakan belajar teratur minimal 60 menit setiap hari.

11. Makan banyak buah dan sayuran serta istirahat yang cukup agar otak selalu mendapatkan nutrisi dan tidak kelelahan.

Jika anda menerapkan tips-tips di atas. Dijamin anda akan menjadi seseorang yang berbeda. Masa lalu boleh di bawah tapi jangan biarkan masa depan anda juga di bawah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar